Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1
Bukateja
Mata
Pelajaran : Sejarah
Nasional Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Pola
hunian manusia pra-aksara
Pertemuan
minggu ke- : 7
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati dan me ngamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR
4.2. Manyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehiduapn masyarakat pada zaman pra-aksara dalam
bentuk tulisan
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.2.1. Menjelaskan pola hunian manusia pra-aksara
pada zaman berburu beserta budaya yang dihasilkan
1.
menjelaskan
pola hunian manusia praaksara,
2.
menganalisis
keterkaitan antara pola hunian dengan mata pencarian manusia pra-aksara.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengantar
ringkas perkembangan kebudayaan pada zaman neolitikum.
2.
Pola
hunian ( halaman 35 s.d 37)
F.
Pendekatan
dan Metode pembelajaran:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Ceramah
3.
Tanya
jawab
4.
Diskusi
5.
Penugasan
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waku
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan salam
2. Memeriksa kebersihan,
ketertiban, dan kerapihan kelas
3. Memeriksa kehadiran siswa
4. Mempersiapkan perangkat
pembelajaran
5. Membacakan tujuan dan materi
yang akan dibahas
|
15 menit
|
Inti
|
1. Memberikan penjelasan tentang
tempat hunian manusia pra-aksara, semula tinggal di tempat terbuka, seperti
sungai dan pantai
2. Memberikan penjelasan tentang
tempat hunian manusia di gua-gua
3. Menghubungkan pola hunian
manusia pra-aksara dengan budaya yang dihasilkan (kjokkenmodinger & abris
sous roches)
4. Memberikan kesempatan untuk
mengajukan pendapat, menanya pada
kelompok lain
5. Memberikan penjelasan,
penguatan dan kesimpulan hasil diskusi
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Memberikan kesempatan agar
masing-masing siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2. Mengajukan beberapa pertanyaan
sebagai penguatan
3. Menyimpulkan materi yang telah
dibahas
4. Menutup dengan salam
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
a. Tehnik Penilaian
-
Tes
-
Non
Tes
b. Bentuk
-
Tulis
(Uraian), Terlampir
-
Lembaran
Pengamatan Aktifitas Siswa, Terlampir
I.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sejarah Indonesia SMA kelas X
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2. Gambar-gambar hasil kebudayaan
Neolitikum
3. Power Point/ LCD
J.
PENILAIAN
Tes:
Tes
tertulis
1.
Mengapa
manusia purba itu banyak yang tinggal di tepi sungai?
2.
Berikan
alasan, mengapa manusia purba membuat rumah panggung di pantai ?
3.
Berikan
alasan, mengapa manusia purba memilih gua sebagai tempat tinggal?
4.
Apa
kira-kira alasan bagi manusia purba memilih tinggal di tepi pantai ?
5.
Tunjukkan
budaya yang dihasilkan manusia purba yang tinggal di gua-gua ?
Rubrik
Kegiatan
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
nilai
|
Ket
|
|||
Kerja sama
|
berkomunikasi
|
Toleransi
|
keaktifan
|
||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria :
4 :
baik sekali
3 :
baik
2 :
cukup
1 :
kurang
N= ∑ Skor perolehan 100
Skor Maximal
Kriteria
nilai :
A = 90-100, baik sekali
B = 80-89 , baik
C = 70-79 , cukup
D = < 70 , kurang
Kepala SMK Negeri 1 Bukateja Guru
Mapel
Warindi, S.Pd. Drs.
Ari Handoko
NIP. 19650219 199203 1 005 1965020
199512 1001