Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Bukateja
Mata Pelajaran : Sejarah Nasional
Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Perkembangan
kebudayaan zaman neolitikum
Pertemuan minggu ke- : 6
A.
KOMPETENSI
INTI
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI
DASAR
3.2. Memahami corak kehidup an masyarakat pada zaman
praaksara.
4.2. Manyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.5. Menganalisis corak
kehidupan masyarakat pra-aksara
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Menganalisis perkembangan
kebudayaan zaman neolitikum
2. Menganalisis makna revolusi
kebudayaan zaman neolitikum
3. Menganalisis manusia pendukung
kebudayaan nelolitikum
E.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengantar
ringkas perkembangan kebudayaan pada zaman neolitikum.
2.
Revolusi
kebudayaan zaman neolitikum
3.
Kebudayaan
kapak persegi
4.
Kebudayaan
kapak lonjong
F.
Pendekatan
dan Metode pembelajaran:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Ceramah
3.
Tanya
jawab
4.
Diskusi
5.
penugasan
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waku
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan
salam
2. Memeriksa
kebersihan, ketertiban, dan kerapihan kelas
3. Memeriksa
kehadiran siswa
4. Mempersiapkan
perangkat pembelajaran
5. Membacakan
tujuan dan materi yang akan dibahas
|
15
menit
|
Inti
|
1. Menjelaskan
tentang materi yang akan dibahas dalam disksi
2. Membagi
kelas menjadi 8 kelompok
3. Memberikan
tugas pada masing-masing kelompok
a.
Bentuk rasa tanggung jawab thd peninggalan kebudayaan neoliticum
b.
Sikap bentuk kepedulian terhadap peninggalan kebudayaan neoliticum
c.
Hasil-hasil budaya zaman neoliticum
d.
Makna revulusi kebudayaan zaman neoliticum
4. Memberi
kesempatan diskusi pada siswa
5. Mengamati
dan memantau aktivitas diskusi
6. Mengatur
jalannya diskusi
7. Memberikan
kesempatan untuk mengajukan pendapat,
menanya pada kelompok lain
8. Memberikan
penjelasan, penguatan dan kesimpulan hasil diskusi
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Memberikan
kesempatan agar masing-masing siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2.
Mengajukan
beberapa pertanyaan sebagai penguatan
3.
Memberikan
tugas / pekerjaan rumah
4.
Menutup
dengan salam
|
15 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sejarah Indonesia SMA kelas X
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2. Gambar-gambar hasil kebudayaan
Neolitikum
3. Power Point/ LCD
4. LCD
I.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
a. Tehnik Penilaian
-
Tes
-
Non
Tes
b. Bentuk
-
Tulis
(Uraian),Terlampir
-
Lembaran
Pengamatan Aktifitas Siswa, Terlampir
J. PENILAIAN
Tes:
Tes
tertulis
1.
Berikan
contoh hasil kebudayaan yang termasuk tanda revolusi kebudayaan zaman
neolitikum
2.
Kemukakan
salah satu ciri terjadinya revolusi kebudayaan zaman neolitikum
3.
Kemukakan
pola kerja manusia zaman neolitikum
4.
Peralatan
yang dibuat oleh manusia purba dari batu dapat digunakan sebagai alat
serbaguna, coba jelaskan
Rubrik Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
nilai
|
Ket
|
|||
Kerja sama
|
berkomunikasi
|
Toleransi
|
keaktifan
|
||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria :
4 :
baik sekali
3 :
baik
2 :
cukup
1 :
kurang
N= ∑ Skor perolehan 100
Skor Maximal
Kriteria
nilai :
A = 80-100, baik sekali
B = 70-79 , baik
C = 60-69 , cukup
D =
< 60 , kurang
Mengesahkan Bukateja,
15 Juli 2014
Kepala SMK Negeri 1 Bukateja Guru
Mapel
Warindi, S.Pd. Drs.
Ari Handoko
NIP. 19650219 199203 1 005 1965020
199512 1001