Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1
Bukateja
Mata
Pelajaran : Sejarah
Nasional Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Menelusuri
Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
Pertemuan
minggu ke- : 5
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati
dan me ngamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar :
3.2.
Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara
4.2.
Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman
pra-aksara
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.2.4.
Menganalisis
pembabakan waktu zaman teknologi bebatuan
3.2.5.
Menganalisis
corak kehidupan masyarakat manusia purba
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik, diharapkan mampu:
1. menganalisis pembabakan waktu zaman teknologi bebatuan;
2. menganalisis hasil-hasil kebudayaan zaman paleolitikum
3. menganalisis perkembangan teknologi bebatuan zaman
E.
Materi
Pembelajaran
1. Makna Paleolithikum dan Mesoliticum
2. Perkembangan teknologi bebatuan
pada zaman Mesoliticum
3. Ciri-Ciri kehidupan pada masa Mesoliticum
4. Kebudayaan Kjokkenmoddinger dan
Abris Sous Roche
F.
Metode
1.
Ceramah
2.
Observasi
3.
Diskusi
4.
Tanya
Jawab
5.
Penugasan.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Memberi
Salam
Memeriksa
kehadiran siswa
Mengkodisikan
kelas bersih dan tertib
Membacakan
tujuan dan materi pembelajaran
|
10
Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
:
1. Mengamati tayangan gambar cobek
batu pada power point
2. Menjelaskan tentang
perkembangan budaya zaman Palaeoliticum ( kebudayaan Pacitan dan Ngandong)
sampai zaman Mesoliticum (abris Sous Roche dan Kjokken moddinger)
3. Membagi kelas menjadi 8 kelompok
MENANYA
:
1. Apa makna Palaeoliticum
2. Sebutkan 3 ciri hasil
kebudayaan Palaeoliticum !
3. Jelaskan perkembangan teknologi
bebatuan pada zaman mesoliticum
4. Sebutkan ciri-ciri kebudayaan
messoliticum !
5. Jelaskan perbedaan kebudayaan
kjokkenmodinger dengan abris sous roche
6. Jelaskan kehidupan manusia pada
kebudayaan Kjokkenmodinger
7. Jelaskan kehidupan manusia pada
kebudayaan Abris Sous Roche
MENALAR
:
-
Peserta
diskusi memberikan tanggapan, sanggahan, dan atau pertanyaan dari hasil
diskusi.
-
Memberikan
penjelasan, kesimpulan dan penguatan.
MENGKOMUNIKASIKAN
:
-
Guru
sebagai moderator mengatur jalannya diskusi
-
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
|
60
Menit
|
Penutup
|
1. Memberikan kesempatan agar masing-masing
siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2. Mengajukan beberapa pertanyaan
sebagai penguatan
3. Memberikan tugas / pekerjaan
rumah
4. Menutup dengan salam
|
20
menit
|
H.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku
sumber Sejarah SMA Klas X Djoened Poesponegoro, Marwati, dan
Nugrohonotosusanto.2009. Sejarah Nasional II. Jakarta. Balai Pustaka Mulyana,
Slamet.1979.Negara Kertagama dan Tafsir sejarahnya Soekmono,R.1985 Pengantar
Sejarah Kebudayaan Indonesia 2.Yogyakarta.
2.
Media
Pembelajaran Power Point LCD
Internet Kertas kerja/ Kartu Kuis Gambar hasil-hasil
budaya
I.
Penilaian
-
Teknik
: Tertulis
-
Bentuk
: Uraian dan Portofolio
1.
Tes
Uraian
1.
Apa
yang anda ketahui tentang paleoliticum?
2.
Sebutkan
3 ciri hasil budaya Paleoliticum!
3.
Jelaskan
Perkembangan teknologi bebatuan pada zaman Mesoliticum!
4.
Sebutkan
minimal 4 Ciri kehidupan pada masa Mesoliticum !
5.
Sebutkan
perbedaan Kebudayaan Kjokkenmoddinger dan Abris Sous Roche!
6.
Sebutkan
hasil kebudayaan dari masa Mesoliticum !
2. Non Tes
b.
Lembar
pengamatan Kerja Kelompok
Peserta
didik diberikan penilaian proses melalui pengamatan terutama tentang
aktivitasnya, kemampuan menyampaikan pendapat
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi dan
kompetensi yang dicapai.
c.
Membuat
portofolio tentang gambar hasil budaya zaman Paleolithikum dan Mesoliticum
Rubrik
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang diamati
|
Nilai
|
Ket
|
|||
Kerja
sama
|
berkomunikasi
|
Toleransi
|
keaktifan
|
||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria :
4 : baik sekali
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
N= ∑ Skor perolehan 100
Skor Maximal
Kriteria
nilai :
A =
80-100, baik sekali
B =
70-79 , baik
C =
60-69 , cukup
D
= < 60 , kurang
Mengesahkan Bukateja,
15 Juli 2014
Kepala SMK Negeri 1 Bukateja Guru
Mapel
Warindi, S.Pd. Drs.
Ari Handoko
NIP. 19650219 199203 1 005 NIP.
1965020 199512 1001