Blogger Widgets

RPP IPS SMK Kelas 10.1

          Satuan Pendidikan                : SMK NEGERI 1 Bukateja
          Kelas / Semester                   : X/I
          Mata Pelajaran                      : Sejarah Indonesia
          Materi Pokok                        : Menelusuri Peradaban awal di Kepulauan   
                                                          Indonesia.Sebelum Mengenal Tulisan
          Sub Materi Pokok                 : Sebelum mengenal Tulisan
          Pertemuan Ke                       : 1
          Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit ( 90 menit )

A.       Kompetensi Inti :
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
1.1.  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budayapada zaman praaksara, Hindu – Buddha dan Islam.

3.1.   Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik,ruang dan waktu dalam sejarah
3.1.1. Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
3.1.2. Menerapkan berfikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari

3.2.   Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara

3.2.1. Menjelaskan pengertian praaksara
4.1. Menyajikan informasi mengenai keteritan antara konsep berfikir kronologis (diakronis), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat dan pada zaman pra-aksara dalam bentuk tulisan

C.       Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi peserta didik dapat memberikan contoh konsep berpikir dikronis.
2.      Menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah.
3.      Membandingkan pengertian pra-aksara dengan pengertian prasejarah, sehingga menemukan alasan buku ini digunakan istilah pra-aksara
4.      Menjelaskan pengertian pra-aksara

D.       Materi Pembelajaran
1.      Pengertian kronologis, diakronis, dan sinkronis
2.      Pengertian pra-aksara

E.       Metoda Pembelajaran & Pendekatan
1.      Pendekatan
-     Sintific Learning
2.      Model
-     Discovery Learning
-      
3.      Metode
-          Ceramah bervariasi
-          Diskusi
-          Tanya Jawab

F.        Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Diskripsi
Alokasi
Pendahuluan
Memberi Salam
Memeriksa kehadiran siswa
Mengkodisikan kelas bersih dan tertib
Membacakan tujuan dan materi pembelajaran
10 Menit
Inti

1.    Penjelasan tentang Pengertian berpikir diakronis, sinkronis, da kronologis
2.    Membagi kelas menjadi 8 kelompok dengan materi yang dibahas masing-masing kelompok :
I  &  V   Pengertian diakronis dan contohnya
II & VI   Pengertian sinkronis dan contohnya
III & VII Pengertian kronologis dan contohnya
IV & VIII   Pengertian pra-aksara dan contohnya
3.    Mengamati, mencatat aktivitas siswa dalam kegiatan diskusi
4.    Guru sebagai moderator , mengatur jalannya diskusi
5.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
6.    Peserta diskusi memberikan tanggapan, sanggahan, dan atau pertanyaan dari hasil diskusi.
7.    Memberikan penjelasan, kesimpulan dan penguatan
60 Menit
Penutup
1. Memberikan kesempatan agar masing-masing siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai penguatan
3. Memberikan tugas / pekerjaan rumah
4. Menutup dengan salam
20 menit


G.      Alat dan Sumber Bahan
Alat :
1.         Power point & LCD
2.         Peta Asia Tenggara
3.         Babakan zaman pra-aksara
Sumber Bahan :
1.         Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud 2013
2.         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
3.         Nico Tamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
4.         I Wayan Badrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta: Penerbit Erlangga

H.      Penilaian proses dan hasil belajar.
1.      Teknik         : Tes dan non test
2.      Bentuk         : Uraian dan tugas
3.      Instrumen    : Soal tes dan ceklis

Soal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan singkat !
1.      Apakah yang anda ketahui tentang cara berpikir diakronis ?
2.      Jelaskan bahwa istilah pra-aksara lebih relevan dibanding dengan prasejarah.
3.      Jelaskah hubugan antara peristiwa sejarah dengan kronologi
4.      Sebutkan babakan pra-aksara secara kronologis !



Rubrik Kegiatan Diskusi

No.
Nama siswa

Aspek yang diamati

Nilai
Ket
Kerja sama
berkomunikasi
Toleransi
keaktifan









































Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria  :
4   : baik sekali
3   : baik
2   : cukup
1   : kurang

N=  Skor perolehan   100
           Skor Maximal

Kriteria nilai :
A = 80-100, baik sekali
B = 70-79 , baik
C = 60-69 , cukup
D =   < 60 , kurang


Mengesahkan                                                                                 Bukateja , 15 Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran




Warindi , S.Pd.                                                                               Drs. Ari Handoko
NIP. 19650219 199203 1 005                                                       NIP. 19650820 199512 1001
Comments
0 Comments