Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri Peradaban awal di Kepulauan
Indonesia.Sebelum Mengenal Tulisan
Indonesia.Sebelum Mengenal Tulisan
Sub Materi Pokok : Sebelum mengenal Tulisan
Pertemuan Ke : 1
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1. Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budayapada zaman praaksara, Hindu – Buddha dan Islam.
3.1. Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik,ruang dan waktu dalam sejarah
3.1.1. Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
3.1.2. Menerapkan berfikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara
3.2.1. Menjelaskan pengertian praaksara
4.1.
Menyajikan informasi mengenai keteritan antara konsep berfikir
kronologis (diakronis), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat dan pada zaman pra-aksara dalam bentuk tulisan
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi peserta didik dapat memberikan contoh konsep berpikir dikronis.
2. Menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah.
3. Membandingkan
pengertian pra-aksara dengan pengertian prasejarah, sehingga menemukan
alasan buku ini digunakan istilah pra-aksara
4. Menjelaskan pengertian pra-aksara
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kronologis, diakronis, dan sinkronis
2. Pengertian pra-aksara
E. Metoda Pembelajaran & Pendekatan
1. Pendekatan
- Sintific Learning
2. Model
- Discovery Learning
-
3. Metode
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Tanya Jawab
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Memberi Salam
Memeriksa kehadiran siswa
Mengkodisikan kelas bersih dan tertib
Membacakan tujuan dan materi pembelajaran
|
10 Menit
|
Inti
|
1. Penjelasan tentang Pengertian berpikir diakronis, sinkronis, da kronologis
2. Membagi kelas menjadi 8 kelompok dengan materi yang dibahas masing-masing kelompok :
I & V Pengertian diakronis dan contohnya
II & VI Pengertian sinkronis dan contohnya
III & VII Pengertian kronologis dan contohnya
IV & VIII Pengertian pra-aksara dan contohnya
3. Mengamati, mencatat aktivitas siswa dalam kegiatan diskusi
4. Guru sebagai moderator , mengatur jalannya diskusi
5. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
6. Peserta diskusi memberikan tanggapan, sanggahan, dan atau pertanyaan dari hasil diskusi.
7. Memberikan penjelasan, kesimpulan dan penguatan
|
60 Menit
|
Penutup
|
1. Memberikan kesempatan agar masing-masing siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2. Mengajukan beberapa pertanyaan sebagai penguatan
3. Memberikan tugas / pekerjaan rumah
4. Menutup dengan salam
|
20 menit
|
G. Alat dan Sumber Bahan
Alat :
1. Power point & LCD
2. Peta Asia Tenggara
3. Babakan zaman pra-aksara
Sumber Bahan :
1. Modul Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud 2013
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
3. Nico Tamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
4. I Wayan Badrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta: Penerbit Erlangga
H. Penilaian proses dan hasil belajar.
1. Teknik : Tes dan non test
2. Bentuk : Uraian dan tugas
3. Instrumen : Soal tes dan ceklis
Soal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan singkat !
1. Apakah yang anda ketahui tentang cara berpikir diakronis ?
2. Jelaskan bahwa istilah pra-aksara lebih relevan dibanding dengan prasejarah.
3. Jelaskah hubugan antara peristiwa sejarah dengan kronologi
4. Sebutkan babakan pra-aksara secara kronologis !
Rubrik Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
Ket
| |||
Kerja sama
|
berkomunikasi
|
Toleransi
|
keaktifan
| ||||
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria :
4 : baik sekali
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
N= ∑ Skor perolehan 100
Skor Maximal
Kriteria nilai :
A = 80-100, baik sekali
B = 70-79 , baik
C = 60-69 , cukup
D = < 60 , kurang
Mengesahkan Bukateja , 15 Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Warindi , S.Pd. Drs. Ari Handoko
NIP. 19650219 199203 1 005 NIP. 19650820 199512 1001