Satuan
Pendidikan : SMK
Negeri 1 Bukateja
Kelas/
Semester : X
(sepuluh)
Mata
Pelajaran :
Sejarah Nasional Indonesia
Materi
Pokok : Corak
Kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara
Pertemuan
minggu : 4
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati
dan me ngamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan me ngamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawaab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan ling kungan sosial dan alam serta dalam menempatkann diri sebagai cerminan bangsa da lam pergaulan dunia.
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan ling kungan sosial dan alam serta dalam menempatkann diri sebagai cerminan bangsa da lam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konsepptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fe nomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahhuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
2.3 Berlaku jujur dan ber
tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada
zaman praaksara
4.2 menyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara dalam bentuk tulisan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.2.4.
menganalisis jenis manusia Praaksara
1.
Menganalisis
jenis dan ciri-ciri manusia pra-aksara
2.
Mengklasifikasi
jenis manusia pra-aksara
E.
Materi
Ajar
Jenis-jenis
manusia praaksara dan ciri-cirinya
1.
Jenis
Meganthropus
2.
Jenis
Pithecanthropus
3.
Jenis
Homo
a.
Manusia
Wajak
b.
Manusia
Liang Bua
F.
Metode
Pembelajaran/pendekatan/model pembelajaran:
1.
Ceramah
2.
diskusi,
3.
presentasi
4.
Pendekatan:scientific
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Memberi Salam
Memeriksa kehadiran siswa
Mengkodisikan kelas bersih dan
tertib
Membacakan tujuan dan materi
pembelajaran
|
10
Menit
|
Inti
|
1. Penjelasan tentang Sangiran dan
Trinil sebagai situs pra-aksara di Indonesia
2. Membagi kelas menjadi 8 kelompok
dengan materi yang dibahas masing-masing kelompok :
I &
V Jenis-jenis manusia pra-aksara
II & VI
Ciri-ciri manusia pra-aksara yang ditemukan di Sangiran.
III &VII Mengidentifikasi
tokoh yang mengadakan penelitian di Sangiran
IV& VIII Mengidentifikasi
fosil manusia pra-aksara di Sangiran dan Trinil
3. Mengamati, mencatat aktivitas
siswa dalam kegiatan diskusi
4. Guru sebagai moderator ,
mengatur jalannya diskusi
5. Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
6. Peserta diskusi memberikan
tanggapan, sanggahan, dan atau pertanyaan dari hasil diskusi.
7. Memberikan penjelasan,
kesimpulan dan penguatan
|
60
Menit
|
Penutup
|
1. Memberikan kesempatan agar
masing-masing siswa kembali ke tempat duduk masing-masing
2. Mengajukan beberapa pertanyaan
sebagai penguatan
3. Memberikan tugas / pekerjaan
rumah
4. Menutup dengan salam
|
20
menit
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Kemdikbud
RI. 2003. Buku Guru, Sejarah Indonesia
Kelas X, Jakarta: Kemdikbud
2.
Kemdikbud
RI. 2003. Buku Siswa, Sejarah Indonesia
Kelas X, Jakarta: Kemdikbud
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar:
1.
Penilaian selama proses pembelajaran
2.
Tes
tertulis
3.
Produk:
resume dari internet tentang kehidupan manusia pra-aksara
4.
Soal
:
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1.
Sebutkan
3 jenis fosil manusia pra-aksara yang ditemukan di Indonesia
2.
Sebutkan
3 ciri manusia pra-aksara yang ditemukan di Sangiran
3.
Siapakah
ahli dari Belanda yang mengadakan penelitian kehidupan pra-aksara di Sangiran
4.
Jelaskan
perbedaan fosil manusia pra-aksara yang ditemukan di Sangiran dengan fosil yang
ditemukan di Sangiran.
Tugas
:
1.
Buatlah
resume dari internet tentang “Kehidupan manusia pra-aksara di Indonesia” !
Rubrik
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
Ket
|
|||
Kerja
sama
|
berkomunikasi
|
Toleransi
|
keaktifan
|
||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria :
4 : baik sekali
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
N= ∑ Skor perolehan 100
Skor Maximal
Kriteria
nilai :
A =
80-100, baik sekali
B =
70-79 , baik
C =
60-69 , cukup
D
= < 60 , kurang
Mengesahkan Bukateja,
15 Juli 2014
Kepala
SMK Negeri 1 Bukateja Guru
Mapel
Warindi,
S.Pd. Drs.
Ari Handoko
NIP.
19650219 199203 1 005 1965020
199512 1001